Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM)

 


Nama SKPD BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
Nama Pimpinan NYAYU DWI LUSIANA, ST, M.Si
Alamat KOMPLEK PERKANTORAN GUNUNG GARE
NO.TELEPON / Fax 0730 624392 /0730 624392
Email Kantor bkpsdmpagaralam@gmail.com

Sejarah

Peraturan Walikota Pagar Alam Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi,Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Pagar Alam


Visi

Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Aparatur dan Pelayanan Administrasi Kepegawaian dengan Dukungan Manajemen Pegawai Negeri Sipil yang Profesional.


Misi

MISI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
1. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Aparatur
2. Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Kepegawaian
3. Mewujudkan Manajemen Pegawai Negeri Sipil yang Profesional


Tugas

tugas pokok melaksanakan urusan Pemerintahan di Bidang Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan yang menjadi kewenangan Kota dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Walikota.


Fungsi

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia mempunyai fungsi :
a. pelaksanaan urusan surat menyurat, sarana dan prasarana, perpustakaan, dokumentasi, keuangan, serta mengelola dan menganalisis data pegawai;
b. perumusaan, merencanakan dan melaksanakan kebijakan yang berkaitan dengan formasi, pengembangan, pembinaan dan pemberhentian pegawai;
c. pelaksanaan mutasi pegawai non jabatan, memproses kenaikan pangkat, penempatan dan kenaikan gaji berkala;
d. perumusan dan melaksanakan kebijakan yang berkaitan dengan analisa kebutuhan pendidikan dan pelatihan bagi pegawai;
e. pelaksanaan evaluasi dan pertanggungjawaban pelaksanaan program kerja serta melaporkannya kepada Walikota Pagar Alam;
f. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan tugas dan fungsinya


Tupoksi

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia mempunyai Lima Bidang, yang mempunyai tugas dan fungsi sebagai berikut :

Bidang Sekretariat 

Untuk melaksanakan tugas, Sekretariat mempunyai fungsi :
a. Pelaksanaan penyusunan program, evaluasi dan pelaporan;
b. Pelaksanaan penyusunan anggaran dan kegiatan;
c. Pengelolaan administrasi keuangan;
d. Pengelolaan dan pelayanaan administrasi umum dan ketatausahaan;
e. Pengelolaan administrasi kepegawaian;
f. Pengelolaan administrasi perlengkapan;
g. Pengelolaan urusan rumah tangga kantor;
h. Pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan tugas-tugas bidang;
i. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi organisasi dan tata laksana;
j. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsi.


Bidang Formasi,Pembinaan dan Informasi

Untuk melaksanakan tugas, Bidang Formasi, Pembinaan dan Informasi mempunyai fungsi :
a. Perencanaan operasional kegiatan bidang Formasi, Pembinaan, Pengelolaan Data dan Informasi Kepegawaian;
b. Pengorganisasian pelaksanaan kegiatan Bidang Formasi, Pembinaan dan Informasi data Kepegawaian;
c. Pengkoordinasian kegiatan antar sub bidang di lingkup Bidang Formasi, Pembinaan dan Informasi.
d. Pendistribusian tugas kepada bawahan untuk pelaksanaan kegiatan di bidang Formasi, Pembinaan dan Informasi.
e. Pemberian petunjuk kepada bawahan atas pelaksanaan kegiatan di bidang Formasi, Pembinaan dan Informasi.
f. Penyelenggaraan pengelolaan administrasi kepegawaian meliputi :
1). Penyusunan Formasi ASN; 2). Pengadaan ASN baik dari CPNS maupun PPPK; 3). Pembinaan ASN; 4). Pemberhentian ASN; 5). Pemberian penghargaan dan tanda jasa kepada ASN; 6). Pengelolaan data dan informasi ASN.
g. Pelaksanaan evaluasi kegiatan Bidang Formasi, Pembinaan, dan Informasi;
h. Pelaporan pelaksanaan kegiatan Bidang Formasi, Pembinaan, dan Informasi;
i. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsi


Bidang Mutasi, Kepangkatan dan Kesejahteraan

Untuk melaksanakan Bidang Mutasi, Kepangkatan dan Kesejahteraan menyelenggarakan fungsi :
a. Penyusunan rencana dan program kerja bidang mutasi, kepangkatan dan kesejahteraan.
b. Pendataan dan penganalisaan kebutuhan Pegawai di seluruh Satuan Kerja di lingkungan Pemerintah Kota Pagar Alam.
c. Pemrosesan dan penerbitan Surat Kenaikan gaji berkala.
d. Pelaksanaan penyelesaian kenaikan pangkat PNS
e. Penyiapan bahan untuk perumusan kebijakan peningkatan kesejahteraan pegawai
f. Penyiapan bahan pemberian bantuan bagi PNS yang Bersalin dan Sakit yang diopname.
g. Penyiapan administrasi pensiun PNS, administrasi penerbitan Kartu Pegawai serta pelayanan pembuatan kartu Istri/Suami.
h. Pengkoordinasian bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung.
i. Penilaian hasil kerja bawahan untuk bahan pengembangan karier.
j. Pelaporan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.
k. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsi.


Bidang Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan
Untuk melaksanakan tugas Bidang Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan menyelenggarakan fungsi :
a. penyiapan perencanaan kebijaksanaan bidang pendidikan dan pelatihan;
b. penyusunan program Diklat penjenjangan dan fungsional;
c. penyiapan dan melaksanakan pengembangan kompetensi pegawai;
d. penyusunan dan pelaporan pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan;
e. pelaksanaan tugas lain yang diberikan Kepala Badan, sesuai dengan tugas dan fungsinya.


Kelompok Jabatan Fungsional

1. Kelompok Jabatan Fungsional terdiri dari
   a. Kelompok Jabatan Fungsional Umum
   b. Kelompok Jabatan Fungsional Tertentu
2. Kelompok Jabatan Fungsional Umum diatur melalui keputusan Walikota.
3. Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Pemerintah Daerah sesuai dengan keahlian dan kebutuhan.
4. Kelompok Jabatan Fungsional Tertentu terdiri dari sejumlah tenaga fungsional yang diatur dan ditetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan.
5. Jumlah tenaga fungsional ditentukan berdasarkan kebutuhan dan beban kerja.
6. Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

# download #