Dinas Pendidikan & Kebudayaan



PROFIL SINGKAT

NAMA SKPD DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
NAMA PIMPINAN SKPD Drs. MARJOHAN, M.Pd
ALAMAT JALAN LASKAR WANITA MENTARJO KOMPLEK PERKANTORAN GUNUNG GARE KOTA PAGAR ALAM
NO. TELPN. (0730) 621 209
NO. FAX. (0730) 621 209
E-MAIL DINAS 1. dinaspendidikan.pagaralam@gmail.com
2. diknas_pga@yahoo.co.id
WEBSITE

Sejarah Pendirian

Lahirnya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah membawa warna dan angin segar bagi masyarakat Kota Administratif Pagar Alam, karena Undang-Undang tersebut menetapkan bahwa Kota Administratif ditingkatkan statusnya menjadi Kota Otonom.
Kesempatan yang luar biasa ini dimanfaatkan dengan sangat baik oleh masyarakat Kota Administratif Pagar Alam dengan dukungan Tokoh masyarakat, Organisasi Politik dan Organisasi Kemasyarakatan serta komponen masyarakat berkeinginan kuat untuk menjadikan Kota Administratif ditingkatkan statusnya menjadi Kota Otonom Pagar Alam.
Setelah melalui perjuangan yang cukup panjang, akhirnya pada tanggal 21 Juni 2001 ditetapkan Undang-Undang Nomor 8 tahun 2001 tentang Pembentukan Kota Pagar Alam, dan puncak Seremonial Kota Pagar Alam, sebagai Kota Otonom terjadi dengan diresmikannya Kota Pagar Alam oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden RI pada tanggal 17 Oktober 2001.
Begitu Kota Pagar Alam terbentuk, itulah saatnya Kota Pagar Alam hadir sebagai dirinya sendiri, lepas dari Pemerintah Kabupaten Lahat. Untuk membantu jalannya Pemerintahan Kota Pagar Alam dibentuklah 13 Dinas, termasuk didalamnya Dinas Pendidikan Kota Pagar Alam. Pembentukan Dinas-Dinas berdasarkan Peraturan Daerah Kota Pagar Alam Nomor 5 Tahun 2003 dan diubah dengan Peraturan Daerah Kota Pagar Alam Nomor 4 tahun 2008 dan kembali diubah dengan Peraturan Daerah Kota Pagar Alam Nomor 2 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Laksana Dinas-Dinas Daerah Kota Pagar Alam.
Nama Satuan Organisasi Dinas Pendidikan Kota Pagar Alam telah beberapa kali mengalami perubahan Nomenklatur, pada tahun 2003 berdasarkan Perda Nomor 5 tahun 2003 bernama Dinas Pendidikan, pada tahun 2008 berdasarkan Perda Nomor 4 tahun 2008 bernama Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga dan pada tahun 2014 berdasarkan Perda nomor 01 tahun 2014 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Kantor Pemuda dan Olahraga Kota Pagar Alam, maka urusan pemuda dan olahraga tidak lagi menjadi tanggungjawab Dinas Pendidikan, maka Dinas Pendidikan ini kembali kepada nama sebelumnya yaitu Dinas Pendidikan Kota Pagar Alam. Pada Tahun 2017 berdasarkan Peraturan Daerah Kota Pagar Alam Nomor 08 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Pagar Alam (Lembar Daerah Kota Pagar Alam Tahun 2016 Nomor 8) kembali Nomenklatur Dinas Pendidikan mengalami perubahan dari Dinas Pendidikan menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan hingga sampai saat ini.


Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pagar Alam sudah beberapa kali mengalami perubahan kepemimpinan, antara lain:
1. Tahun 2003 sampai tahun 2008 dipimpin oleh Hj. Nurbaiti Rahim, S.Ag, MM;
2. Tahun 2008 sampai tahun 2009 dipimpin oleh Drs. H. Idrusin Senamit,MM;
3. Tahun 2009 sampai tahun 2011 dipimpin oleh Drs. H. Akmaludin, MM;
4. Tahun 2011 sampai tahun 2012 dipimpin oleh Drs. H. Alex Musni, MM
5. Tahun 2012 sampai tahun 2015 dipimpin oleh Drs. H. Syafrani;
6. Tahun 2015 sampai tahun 2016 dipimpin oleh Drs. Supawi Cekman, MM;
7. Tahun 2016 sampai akhir tahun 2016 dipimpin oleh Dra. Hj. Kun Widayatsari, M.Pd.
8. Tahun 2017 awal sampai sekarang dipimpin oleh Drs. Marjohan, M.Pd.


VISI

” PAGAR ALAM CERDAS 2020 “


MISI

1. MENINGKATKAN LAYANAN PENDIDIKAN SEJAK USIA DINI SAMPAI DENGAN PENDIDIKAN MENENGAH;
2. MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN;
3. MENCIPTAKAN PESERTA DIDIK YANG BERKUALITAS DAN BERDAYA SAING;
4. MENINGKATKAN PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PENDIDIKAN NON FORMAL;
5. MENINGKATKAN INTERNALISASI NILAI BUDAYA KEPADA PELAJAR MELALUI KEGIATAN PAGELARAN, FESTIVAL, PAMERAN, PARADE DAN BENTUK SAJIAN SENI BUDAYA YANG POSITIF.


TUGAS

MELAKSANAKAN URUSAN PEMERINTAHAN DIBIDANG PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN YANG MENJADI KEWENANGAN KOTA DAN TUGAS PEMBANTUAN YANG DIBERIKAN KEPADA WALIKOTA.


FUNGSI

1. PERUMUSAN DAN PENETAPAN KEBIJAKAN DI BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, PENDIDIKAN DASAR, DAN NONFORMAL, SERTA PENGELOLAAN KEBUDAYAAN;
2. PELAKSANAAN FASILITASI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, PENDIDIKAN DASAR, DAN NONFORMAL, SERTA PENGELOLAAN KEBUDAYAAN;
3. KOORDINASI PELAKSANAAN TUGAS, PEMBINAAN, DAN PEMBERIAN DUKUNGAN ADMINISTRASI KEPADA SELURUH UNSUR ORAGANISASI DI LINGKUNGAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN;
4. PENGELOLAAN BARANG MILIK/KEKAYAAN NEGARA YANG MENJADI TANGGUNG JAWAB DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN;
5. PENGAWASAN ATAS PELAKSANAAN TUGAS DI LINGKUNGAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN;
6. PELAKSANAAN BIMBINGAN TEKNIS DAN SUPERVISI ATAS PELAKSANAAN URUSAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN;
7. PELAKSANAAN TUGAS LAIN YANG DIBERIKAN WALIKOTA SESUAI DENGAN TUGAS DAN FUNGSINYA.

# download #