Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil



Nama SKPD : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Nama Pimpinan : Drs. BHAKTI, M.Si
Alamat : Jln. Laskar Wanita Mentarjo Gn.Gare Komplek Perkantoran Pemkot Pagar Alam 
No. Telpon : 0730 (622528)
No. Faxs : 0730 (622528)
E-mail Kantor : disdukcapil@yahoo.com
Website : Disdukcapil.pagaralamkota.go.id
Tupoksi : – terlampir –
SOTK/Struktur : – terlampir –
Foto pimpinan :  

Sejarah Pembentukan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pagar Alam dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Pagar Alam Nomor 2 Tahun 2010 tentang perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Dinas-Dinas Daerah Kota Pagar Alam yang merupakan pemisahan dari Dinas Transmigrasi Kependudukan dan Tenaga Kerja Kota Pagar AlamPembentukan Organisasi Dan Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pagar Alam.

1. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Merupakan unsur pelaksanaan otonomi daerah dan pembantuan pemerintah Kota Pagar Alam di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
2. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dipimpin oleh seorang Kepala dan Bertanggung jawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah.

Visi

Visi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pagaralam adalah Menjadikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pagaralam sebagai pemberi pelayanan profesional dan terpadu di bidang kependudukan.


Misi

Misi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pagaralam adalah:
1. Mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat dalam bidang kependudukan dan catatan sipil;
2. Mengembangkan sistem informasi kependudukan dan catatan sipil yang berbasis teknologi;
3. Meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat terhadap bidang kependudukan;
4. Meningkatkan kualitas sumber daya aparatur sarana dan prasarana dinas.


Tugas

(1) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang kependudukan dan pencatatan sipil berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan.
(2) Untuk melaksanakan tugas sebagaimana tersebut dalam ayat (1), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai fungsi :
  a. Penyusunan program dan anggaran;
  b. Pengelolaan keuangan;
  c. Pengelolaan perlengkapan, urusan tata usaha, rumah tangga dan barang milik negara;
  d. Pengelolaan urusan ASN;
  e. Penyusunan perencanaan di bidang pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi  kependudukan, kerja sama administrasi kependudukan, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan;
  f. Perumusan kebijakan teknis di bidang pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan, kerja sama, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan;
g. Pelaksanaan pelayanan pendaftaran penduduk;
h. Pelaksanaan pengelolaan informasi administrasi kependudukan;
i. Pelaksanaan pemanfaatan data dan dokumen kependudukan;
j. Pelaksanaan inovasi pelayanan administrasi kependudukan;
k. Pembinaan, koordinasi, pengendalian bidang administrasi kependudukan;
l. Pelaksanaan kegiatan penatausahaan Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil; dan Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh walikota sesuai dengan tugas dan fungsinya.
m. Pelaksanaan pelayanan pencatatan sipil;
Pelaksanaan kerja sama administrasi kependudukan;

 


Fungsi

Fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pagaralam adalah Memberikan pelayanan profesional dan terpadu di bidang kependudukan.


# download #