Dinas Kesehatan



Profil Singkat

Nama SKPD : DINAS KESEHATAN KOTA PAGAR ALAM
Nama Pimpinan : Hj. Lili Ernani, SE. SST, M.Kes
Alamat : Jln. AIS Nasution No. 01 Kota Pagar Alam
No. Telp : (0730) 622516
No. FAXS : (0730) 622516
Email Kantor : dinkes_kotapagaralam@yahoo.co.id
Website :
Foto Pimpinan :

Sejarah Singkat

Berdasarkan SK Walikota No.02 Tahun 2001 tentang pembentukan dinas-dinas (4 Desember 2001) termasuk Dinas Kesehatan. Dinas Kesehatan Kota Pagar Alam adalah sebuah lembaga teknis daerah yang merupakan unsur penunjang Pemerintah Kota Pagar Alam. Dinas Kesehatan memiliki wilayah kerja meliputi 5 Kecamatan dan 35 Kelurahan, dengan 7 Puskesmas (3 rawat inap dan 4 non rawat inap). Untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada Tahun 2016 Dinas Kesehatan menambah UPTD Penunjang yaitu UPTD Labkesda, UPTD PPSDM dan UPTD Gudang Farmasi. Dinas Kesehatan Kota Pagar Alam merupakan salah satu Perangkat Daerah yang dipimpin oleh seorang Kepala Dinas. Dalam penanganan masalah kesehatan, segenap komponen masyarakat sangat dilibatkan dalam pembangunan daerah khususnya di Bidang Kesehatan. Disamping pelibatan masyarakat, Dinas Kesehatan terus melakukan penetapan/harmonisasi regulasi terhadap berbagai aspek penyelenggaraan program dan kegiatan untuk mewujudkan pengelolaan pemerintahan yang bersih bebas dari KKN.


Visi

“VISI”
PAGAR ALAM KOTA SEHAT,
MENUNJANG TERWUJUDNYA KESEIMBANGAN
MASYARAKAT PAGAR ALAM,
YANG SEHAT, CERDAS, DAN BERAKHLAK MULIA


Misi

“MISI”
1. MENGGERAKKAN PEMBANGUNAN, YANG BERWAWASAN KESEHATAN, UNTUK KEMASLAHATAN MASYARAKAT DAN ORGANISASI.
2. MENDORONG TERCIPTANYA LINGKUNGAN SEHAT.
3. MEMBINA PELAYANAN KESEHATAN YANG BERMUTU DAN TERJANGKAU, OLEH SEMUA LAPISAN MASYARAKAT.


Tugas

Dinas Kesehatan mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan di bidang kesehatan yang menjadi kewenangan kota dan tugas pembantuan yang diberikan kepada kota.


Fungsi

Dinas Kesehatan menyelenggarakan fungsi :

1. Perumusan dan penetapan kebijakan di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan kesehatan, kefarmasian, alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) serta sumber daya kesehatan.
2. Pelaksanaan kebijakan di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan kesehatan, kefarmasian, alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) serta sumber daya kesehatan.
3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan kesehatan, kefarmasian, alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) serta sumber daya kesehatan.
4. Pengkoordinasian pelaksanaan tugas, pembinaan dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Pagar Alam;
5. Pengelolaan Barang Milik Negara yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehata Kota Pagar Alam.
6. Pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya.
7. Pengawasan atas pelaksanaan tugas di Lingkungan Dinas Kesehatan.
8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Daerah terkait dengan bidang kesehatan.

# download #