Dinas Perhubungan



Profil Singkat 

Nama SKPD : Dinas Perhubungan
Nama Pimpinan : Paber Napitupulu, AP, M.Si
Alamat : Jl. LintasPagar Alam – Lahat (Simpang Mbacang), Kec. Dempo Tengah, Kota Pagar Alam (Sum-Sel)
No. Telp : (0730) 624482
No. Fax :
Email Kantor :

Sejarah Singkat

Kota Pagar Alam berdiri pada tanggal 21 Juni 2001 Berdasarkan undang-undang Nomor 8 Tahun 2001 tentang pembentukan Kota Pagar Alam, puncak serimonial Kota Pagar Alam sebagai Kota Otonom dengan diresmikan nya Kota Pagar Alam oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden RI pada tanggal 17 Oktober 2001. Selanjutnya pada tanggal 12 November 2001 Gubernur Sumatera Selatan atas nama Menteri Dalam Negeri melantik Drs. H. Djazuli Kuris sebagai Pejabat Walikota Pagar Alam. Sedangkan pada tanggal 7 Januari Drs. H. Djazuli Kuris melaksankakn pelantikan perdana perangkat pemerintah Kota Pagar Alam.
Adapun visi kota Pagar Alam yaitu “Terwujudnya Keseimbangan Masyarakat pagar Alam yang Sehat, Cerdas, Berakhlaq Mulia dan Didukung oleh Ekonomi Kerakyatan yang Tangguh Dalam Lingkungan Alami”.
Untuk mewujudkan Visi Kota Pagar Alam tersebut, maka perlu didukung oleh perangkat-perangkat Daerah yang bisa membantu terlaksananya visi tersebut, Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah dan Peraturan daerah Kota Pagar Alam Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Kota Pagar Alam, salah satunya disektor perhubungan adalah dengan dibentuknya Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Pagar Alam.
Pada tahun 2016, Kementerian Perhubungan telah menetapkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 139 Tahun 2016 tentang Pedoman Nomenklatur, Tugas dan Fungsi Organisasi Perangkat Daerah, pada tanggal 5 November 2016 untuk menjadi pedoman bagi instansi penyelenggara urusan pemerintahan bidang perhubungan dan berdasarkan peraturan Walikota Pagar Alam Nomor 16 Tahun 2017 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Perhubungan Kota Pagar Alam, sehingga nama Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Pagar Alam berubah nama menjadi Dinas Perhubungan Kota Pagar Alam.


Visi

Visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan (Wibisono, 2006:43) Kotler, seperti diungkapkan oleh Nawawi (2000:122), menyatakan Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang dieksresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan. Atau dapat pula dikatakan Visi merupakan pernyataan want to be dari suatu organisasi atau perusahaan, untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang.
Visi Dinas Perhubungan dirumuskan dengan memperhatikan visi Kepala Daerah yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pagar Alam Tahun 2013 – 2018 yaitu :
“Terwujudnya Keseimbangan Masyarakat Pagar Alam yang Sehat, Cerdas, Berakhlaq Mulia dan Didukung oleh Ekonomi yang Tangguh dalam Lingkungan yang Alami”
Berdasarkan pada visi Kota Pagar Alam diatas, visi Dinas Perhubungan ditetapkan sebagai berikut :
“Terwujudnya Pelayanan Transportasi yang Handal dan Berkelanjutan dalam Menunjang Visi Kota Pagar Alam”
Pelayanan transportassi dapat dikatakan handal apabila memenuhi beberapa kriteria, dalam kerangka visi tersebut diatas ditetapkan tiga kriteria sebagai berikut :

  • Pelayanan Transportasi yang Handal Maksudnya pelayanan transportasi yang dapat dihandalkan, mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, tepat waktu, terstandar dan dengan jaminan biaya yang jelas.
  • Pelayanan Transportasi Berkelanjutan Maksudnya pelayanan transportasi dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama, karena mampu mengikat dinamika masyarakat, memiliki daya dukung optimal, sesuai dengan hasil kajian lingkungan hidup strategis.
  • Mendukung visi Kota Pagar Alam Terwujudnya Keseimbangan Masyarakat Pagar Alam yang Sehat, Cerdas, Berakhlaq Mulia dan Didukung oleh Ekonomi Kerakyatan yang Tangguh dalam Lingkungan yang Alami. Maksudnya pelayanan transportasi mampu menopang Terwujudnya Keseimbangan Masyarakat Pagar Alam yang Sehat, Cerdas, Berakhlaq Mulia dan Didukung oleh Ekonomi Kerakyatan yang Tangguh dalam Lingkungan yang Alami.

Misi

Visi dijabarkan lebih lanjut ke dalam misi yang akan menjadi tanggung jawab Dinas Perhubungan Kota Pagar Alam. Dengan pernyataan misi diharapkan seluruh anggota organisasi dan pihak yang berkepntingan dapat mengetahui dan mengenal keberadaan serta peran instansi pemerintah dalam menyelenggarakan tugas pemerintahan. Oleh karena itu misi Dinas Perhubungan Kota Pagar Alam dirumuskan sebagai berikut :
1. Meningkatkan kualitas dan profesionalisme aparatur perhubungan
2. Memantapkan sistem dan tata kelola perhubungan
3. Meningktakan kualitas pelayanan perhubungan


Tugas

Dinas Perhubungan mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan pemerintahan di Bidang Perhubungan yang menjadi Kewenangan Kota dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Kota Pagar Alam.


Fungsi

Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Dinas Perhubngan menyelenggarakan fungsi :
1. Perumusan kebijkan di bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jlan dan Penerbangan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas perbantuan yang ditugaskan kepada daerah Kota Pagar Alam
2. Pelaksanaan kebijakan di bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan Penerbangan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas perbantuan yang ditugaskan kepada daerah Kota Pagar Alam