Dinas Sosial



Nama SKPD : DINAS SOSIAL
Nama Pimpinan : H. SUKMAN, SE,.MM
Alamat : Jl. Tatahan Sp. Sandar Angin Kelurahan Rebah Tinggi Kecamatan Dempo Utara Kota Pagar Alam
No.Telpn. : (0730) 625064
No.Fax : (0730) 621190
Foto Pimpinan :

Sejarah Singkat

Dinas Sosial Kota Pagar Alam adalah unsur pelaksana Pemerintah Daerah, di bidang kesejanteraan yang dibentuk berdasarkan Peraturan Walikota Pagar Alam Nomor 45 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Organisasi Dinas Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Pagar Alam. Sebelumnya bernama Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Pagar Alam yang merupakan gabungan antara Dinas Sosial dan Dinas Tenaga Kerja yang dibentuk berdasarkan Peraturan Walikota Pagar Alam No. 25 Tahun 2009.


Visi

Visi Dinas Sosial Kota Pagar Alam Dengan memperhatikan potensi dan permasalahan perencanaan 5 (lima) tahun kedepan dan untuk mendukung tercapainya Visi dan Misi Walikota Pagar Alam selama 5 (lima) tahun kedepan (2013-2018), maka visi Dinas Sosial Kota Pagar Alam Tahun 2013-2018 adalah sebagai berikut :

“PEMERATAAN KESEJAHTERAAN SOSIAL BAGI PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL (PMKS) MEWUJUDKAN VISI PAGAR ALAM”


Misi

Untuk mencapai visi Dinas Sosial Kota Pagar Alam, maka misi yang akan diemban oleh Dinas Sosial Kota Pagar Alam adalah menyelenggarakan pembangunan yang berkelanjutan sebagai berikut :
1. Menjalankan penyelenggaraan pemerintahan urusan sosial dengan menerapkan kaidah-kaidah Good Governance;
2. Meningkatkan kualitas penanganan bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS);
3. Meningkatkan peran serta potensi dan sumber kesejahteraan sosial dalam penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial
4. Melibatkan peran pemberdayaan lembaga/masyarakat kelurahan dalam menganangani masalah kesejahteraan sosial


Tupoksi

Dinas Sosial mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan Pemerintahan di bidang Sosial yang menjadi kewenangan Kota dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Walikota. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam pasal 4, Kepala Dinas Sosial menyelenggarakan Fungsi :

a. Pemberdayaan Sosial KAT (Komunitas Adat Terpencil)
b. Penerbitan izin pengumpulan sumbangan dalam daerah kota.;
c. Pengembangan sumber potensi kesejahteraan sosial daerah kota;
d. Pembinaan lembaga konsultasi kesejahteraan keluarga (LK3) yang wilayah kegiatannya di kota;
e. Pemulangan warga Negara migran korban tindak kekerasan dari titik debarkasi di daerah kota untuk dipulangkan kekelurahan;
f. Rehabilitasi sosial/tidak termasuk bekas korban penyalahgunaan NAPZA dan orang dengan HIV/AIDS;
g. Pemeliharaan anak terlantar;
h. Pendataan dan pengelolaaan data fakir miskin cakupan daerah kota;
i. Penyediaan kebutuhan dasar dan pemulihan trauma bagi korban,bencana kota;
j. Penyelenggaraan pemberdayaan masyarakat terhadap kesiapsiagaan bencana kota;
k. Pemeliharaan taman makam pahlawan nasional dan pemakaman umum kota;
l. Melaksanakan administrasi umum, perencanaan program dan anggaran, ketatausahaan;
m. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai bidang tugas dan fungsinya.

# download #