Dinas Pemuda dan Olahraga


Profil Singkat

Nama SKPD : Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora)
Nama Pimpinan : Drs. Supawi Cekman, MM
Alamat : JL. LASKAR WANITA MINTARJO GUNUNG GARE 
No. Telpon :
Fax :
Email :
Website :
Foto Pimpinan :

Sejarah Singkat

Kota Pagar Alam merupakan pemecahan dari Kabupaten Lahat, dibentuknya Kota Pagar Alam menjadi Kota Otonomi Daerah berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2001 tentang Pembentukan Kota Pagar Alam (Lembaran Negara RI Tahun 2001 Nomor 88 Tambahan lembaran Negara RI Nomor 4115).
Sejarah terbentuknya Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pagar Alam, ada beberapa kali perubahan nomenklatur sejak Tahun 2001 s.d 2016, diantaranya sebagai berikut :

1. Pada Tahun 2001 S.D Tahun 2004, Pemuda dan Olahraga terbentuk dan tergabung di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, masih dalam bentuk seksi dalam satu Bidang di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Tahun 2004 s.d Tahun 2008, Pemuda dan Olahraga terpisah dari Dinas Pendidikan dan berubah status dari subbidang menjadi Kantor Pemuda dan Olahraga Kota Pagar Alam.
3. Tahun 2008 s.d Tahun 2014, Kantor Pemuda dan Olahraga kembali bergabung dengan Dinas Pendidikan. Pemuda dan Olahraga berubah nomenklatur dari Kantor Pemuda dan Olahraga Kota Pagar Alam, menjadi Bidang Pemuda dan Olahraga di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pagar Alam.
4. Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Pagar Alam Nomor 01 Tahun 2014 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Cara Kantor Pemuda dan Olahraga Kota Pagar Alam (Lembaran Daerah Kota Pagar Alam Tahun 2014 Nomor 01 Seri D), Bidang Pemuda dan Olahraga berubah menjadi Kantor Pemuda dan Olahraga Kota Pagar Alam.; dan
5. Pada Tahun 2016 Kantor Pemuda dan Olahraga Kota Pagar Alam berubah nomenklatur menjadi Dinas Pemuda dan olahraga Kota Pagar Alam, sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Pagar Alam Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan susunan Perangkat Daerah Kota Pagar Alam (Lembaran Dearah Kota Pagar Alam Tahun 2016Nomor 8) dan Peraturan Walikota Pagar Alam Nomor 56 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Pokok dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pagar Alam.

Visi

Visi Dinas Pemuda dan Olahraga yang ditetapkan berdasarkan kondisi yang diharapkan dimasa yang akan datang sebagai berikut :
“ Mewujudkan Pemuda Yang Tangguh dan Olahraga Yang mampu Berdaya Saing “.


Misi

Untuk mencapai visi tersebut maka dalam penyelenggaraan pembangunan untuk mendukung Program Walikota dan Wakil Walikota disusun misi sebagai berikut :
Bidang Kepemudaan 1. Menyiapkan database kepemudaan yang akurat sebagai dasar pertimbangan menyusun perencanaan.
2. Mengembangkan dan membina serta memfasilitasi pembentukan pemuda Kota Pagar Alam yang kreatif, produktif dan inovatif.
3. Memupuk dan membina generasi muda agar melestarikan nilai2 kepeloporan nilai perjuangan 45 dan nilai – nilai luhur budaya bangsa Indonesia.
4. Melindungi pemuda dari pengaruh destruktif dari berbagai asspek kehidupan.
5. Memupuk rasa kebangsaan,kesetiakawanan sosial dan peduli terhadap lingkungan.
6. Menanamkan nilai-nilai etika dan budi pekerti melalui kegiatan keagamaan/kerohanian.
Bidang Olahraga 1. Menyiapkan Data base keolahragaan yang akurat sebagai dasar pertimbangan menyusun perencanaan.
2. Mengembangkan dan membina serta memfasilitasi insan olahraga yang kreatif,inovatif dan peduli terhadap lingkungan melalui jalur Olahraga.
3. Menumbuhkembangkan budaya berolahraga kepada masyaralkat dengan mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga.
4. Meningkatkan budaya hidup sehat dan kesegaran jasmani melalui pemasalan kegiatan Olahraga.
5. Meningkatkan prestasi Olahraga melalui pembinaan dan pemanduan bakat secara intensif dan berkelanjutan melalui PPLP bekerjasama dengan KONI dan PENGCAB Olahraga.
6. Melaksanakan sertifikasi Wasit dan Pelatih.
7. Melaksanakan kompetisi Olaahraga dalam rangka seleksi atlet berbakat pada cabang Olahraga yang diunggulkan untuk dibina menjadi Atlet berprestasi dengan memanfaatkan IPTEK Olahraga.
8. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana Olahraga.

Landasan Hukum

1. Undang-undang Nomor 8 Tahun 2001 Tentang Pembentukan Kota Pagar Alam ( Lembaran Negara RI Nomor 88, Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4115 );
2. Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara RI Tahun 2014 Nomor 244, Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 5587) sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Undang-Undang nomor 09 tahun 2015 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah ( Lembaran Negara RI tahun 2015 Nomor 58, Tambahan Lembaran Negara RI nomor 5679);
3. Undang-undang Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional (Lembar Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 89);
4. Undang-undang Nomor 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 148);
5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Organisasi Perangkat Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 114);
6. Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2016 Tentang ppedoman Nomenklatur Perangkat Daerah da Unit Kerja Pada Dinas Pemuda dan Olahraga
7. Peraturan Daerah Kota Pagar Alam Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Pagar Alam (Lembaran Daerah Kota Pagar Alam Tahun 2016 Nomor 8);
8. Peraturan Walikota Pagar Alam Nomor 56 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Pokok dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pagar Alam ;

# download #