Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DISPMPTSPTK)


Profil Singkat

NAMA SKPD : Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DISPMPTSPTK)
NAMA PIMPINAN SKPD : Drs. Muhammad Isa Albasyarah, M.Si.
ALAMAT : Terminal Induk Nendagung Kota Pagar Alam 31527 Provinsi Sumatera Selatan
No. Telpon / HP : 081273571957
Fax :
Email : perizinanpagaralam@yahoo.com
Website : kppt.pagaralamkota@go.id
Foto Pimpinan :

Sejarah Singkat

DISPMPTSPTK Kota Pagar Alam merupakan hasil peleburan dari Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu, Bidang Tenaga Kerja dan UPTD Loka Latihan Kerja sesuai dengan amanah Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah. Perubahan Nomenklatur mengenai struktur kedinasan sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Pemerintah kemudian ditindaklanjuti melalui penerbitan Peraturan Daerah Kota Pagar Alam Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Pagar Alam. Berdasarkan peraturann daerah tersebut, maka terhitung mulai tanggal 1 Januari 2017, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja yang kemudian disingkat menjadi DISPMPTSPTK resmi berdiri.


VISI

“Mewujudkan Penyelenggaraan Pemerintahan yang baik melalui Pemberian Pelayanan Terpadu dan Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Tepat Guna Kepada Tenaga Kerja Produktif Kota Pagar Alam Secara Prima”.


MISI

1. Mewujudkan sistem pengelolaan pelayanan terpadu satu pintu yang handal.
2. Menumbuhkembangkan sinergitas pengelolaan pelayanan terpadu satu pintu yang tangguh.
3. Meningkatkan Konsistensi dan kualitas kualitas penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan tepat guna kepada tenaga kerja produktif.
4. Meningkatkan pertumbuhan usaha ditingkat lokal guna meningkatkan taraf kemampuan perekonomian masyarakat dan mendorong Perluasan Lapangan Kerja agar Kesejahteraan Sosial dapat Terwujud.
5. Meningkatkan Perlindungan Hak dan Kesejahteraan Tenaga Kerja.

TUGAS

Lembaga teknis daerah yang melaksanakan Koordinasi dan menyelenggarakan administrasi di bidang pelayanan penanaman modal, perizinan terpadu dan tenaga kerja dengan prinsip koordinasi, integrasi, sinkronisasi, simplifikasi, keamanan dan kepastian dalam pelaksanaan tugasnya dibantu oleh tim teknis serta tugas lain yang diberikan oleh Walikota.


FUNGSI

a. Perumusan kebijakan teknis di bidang penanaman modal, pelayanan perizinan dan non-perizinan serta tenaga kerja;
b. Pengkoordinasian dan penyelenggaraan sebagian urusan pemerintahan dibidang penanaman modal, pelayanan perizinan dan tenaga kerja;
c. Pembinaan dan pelaksanaan pengelolaan penanaman modal, pelayanan perizinan dan tenaga kerja yang meliputi pengembangan penanaman modal, promosi dan kerjasama, pengelolaan data dan sistem informasi penanaman modal, pelayanan perizinan dan non-perizinan serta tenaga kerja;
d. Pelaksanaan penyusunan program kerja;
e. Penyelenggaraan pelatihan dan penempatan kerja;
f. Pengkoordinasian hubungan industri dan tenaga kerja;
g. Penyelenggaraan pelayanan administrasi perizinan dan non-perizinan, sistem informasi dan pengaduan;
h. Pelaksanaan koordinasi proses pelayanan perizinan dan non-perizinan;
i. Pemantauan dan evaluasi proses pemberian pelayanan perizinan dan non-perizinan;
j. Pelaksanaan administrasi ketatausahaan Dinas;
k. Pengelolaan program kerja dan keuangan, dan Pelaksanaan tugas lain yang didelegasikan oleh Walikota sesuai dengan tugas dan fungsinya.

# download #