Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman & Pertanahan



Profil Singkat


Nama SKPD : Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan Kota Pagar Alam /DPKPP
Nama Pimpinan : A. PARLIANSYAH, ST.,MM
Alamat : Jl. Laskar Wanita Mentarjo Gunung Gare Kota Pagar Alam
No. Telpon : 0730 – 625062
Fax : 0730 – 625062
Email : DPKPPKOTAPAGARALAM@YAHOO.COM
Website :
Foto Pimpinan :

Sejarah Singkat

Perumahan dan permukiman merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang menyangkut kelayakan dan taraf kesejahteraan hidup masyarakat.Rumah bukan hanya berfungsi sebagai tempat tinggal atau hunian, lebih dari itu rumah juga mempunyai fungsi strategis dalam perannya sebagai pusat pendidikan keluarga, persesuaian budaya dan peningkatan kualitas generasi mendatang serta pengejawantahan jati diri.Dengan demikian pengembangan perumahan dan pemukiman tidak dilandasi hanya untuk pembangunan fisik saja melainkan harus dikaitkan dengan dimensi sosial, ekonomi dan budaya yang mendukung kehidupan masyarakat secara berkelanjutan. Upaya untuk membangun manusia seutuhnya sudah menjadi tekat pemerintah sejak Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita) I tahun 1969-1974, namun pembangunan infrastruktur, prasarana sarana umum masih harus terus ditingkatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 sebagaimana diubah beberapa kali terakhir dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Pemerintahan Daerah (samakan dengan yg ada didasar hukum) dan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang perimbangan keuangan antara pusat dan pemerintah daerah maka daerah mempunyai kewenangan yang lebih luas untuk mengatur rumah tangganya sendiri. Konsekuensi dari pelaksanaan Undang-Undang tersebut adalah bahwa Pemerintah Daerah harus dapat lebih meningkatkan kinerjanya dalam penyelenggaraan pemerintah, pembangunan dan pelayanan masyarakat. Pelaksanaan penyelenggaraan pemerintah yang baik tercermin dalam sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.Akuntabilitas merupakan perwujudan kewajiban instansi untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan misi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan melalui pertanggungjawaban yang dilaksanakan secara periodik.Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Pagar Alam sebagai salah satu instansi pemerintah daerah sesuai dengan bidang tugasnya membantu Kepala Daerah dalam penyelenggaraan pemerintah di bidang Perumahan Permukiman dan Pertanahan berkewajiban juga menyusun rencana strategis. Dengan demikian diharapkan agar dapat menentukan arah perkembangan dalam meningkatkan kinerjanya, yang mampu menjawab tuntutan perkembangan lingkungan strategis baik lokal regional, nasional, maupun global. Rencana strategis yang disusun oleh Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Pagar Alam merupakan langkah awal untuk melaksanakan mandat tersebut, yang dalam penyusunannya perlu melaksanakan analisis terhadap lingkungan baik internal maupun eksternal yang merupakan langkah yang penting dengan memperhitungkan kekuatan, kelemahan, peluang dan
tantangan yang ada. Rencana ini merupakan suatu proses yang berorientasi pada proses dan hasil yang ingin dicapai dalam kurun waktu lima tahun, dengan tetap memperhatikan potensi yang ada baik sumberdaya manusia maupun sumberdaya alam, kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang dihadapi. Rencana strategis disusun untuk jangka waktu lima tahun dan diimplementasikan ke dalam rencana kerja tahunan. Dengan adanya Peraturan Walikota Pagar Alam Nomor 43 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Pagar Alam, maka Rencana Strategis Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Pagar Alam perlu direvisi sesuai dengan perkembangan kebutuhan. Pembangunan Daerah merupakan subsistem dari pembangunan nasional dan rencana strategis SKPD merupakan subsistem dari Perencanaan Pembangunan Daerah oleh karenanya penyusunan Rencana strategis SKPD harus sinergis dengan dokumen perencanaan lainnya.


Visi

Rumah layak dalam lingkungan permukiman yang sehat, berkelanjutan dan tanah sebagai sarana pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.


MISI

1. Meningkatkan kualitas rumah layak huni
2. Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana lingkungan utilitas umum
3. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat
4. Meningkatkan pelayanan pembiayaan perumahan
5. Meningkatkan ketersediaan tanah untuk kepentingan pembangunan masyarakat
6. Terinventarisirnya tanah aset pemerintah daerah

TUGAS

Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Pagar Alam Mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan pemerintahan dibidang Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan yang menjadi kewenangan kota dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Walikota.


FUNGSI

a. Penyusunan Perencanaan bidang Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan.
b. Perumusan kebijakan teknis bidang Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan.
c. Pelaksanaan urusan pemerintahan dan pelayanan umum Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan.
d. Pembinaan, koordinasi, pengendalian dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan bidang Perumahan, Sarana Prasarana dan Utilitas Umum Kawasan Permukiman dan Pertanahan.
e. Pelaksanaan kegiatan penatausahaan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan.
f. Pembinaan terhadap Unit Pelaksana Teknis Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan.
g. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan tugas dan fungsinya.

# download #