Sekertariat Dewan



Profil Singkat

Nama SKPD : SEKRETARIAT DPRD KOTA PAGAR ALAM
Nama Pimpinan : Drs. H. Kusaimi Yatip. MM
Alamat : Jl. Laskar Wanita Mentarjo Perkantoran Gunung Gare Kota Pagar Alam
No. Telpon : (0730) 621-294
Fax : (0730) 622-529
Email : dprd_kotapagaralam@yahoo.co.id
Website : www.dprdkotapagaralam.com
Foto Pimpinan :

SEJARAH SINGKAT

Dengan diberlakukannya UU No.22  Tahun 1989 tentang Pemerintah Daerah, sebagai Pengganti Lembaga  UU No.5 tahun 1974 tentang Pokok-pokok Pemerintahan memberikan kewenangan yang lebih besar kepada DPRD sebagai  Lembaga Perwakilan Rakyat di Daerah. Sejalan dengan kewenangan yang lebih besar  tersebut diperlukan Sekretariat Dewan yang cukup tangguh untuk membantu DPRD dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Sebab tanpa dukungan yang tangguh dari Sekretariat Dewan, DPRD tidak akan dapat melaksanakan tugas dan fungsi secara optimal. Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Pagar Alam mempunyai Kedudukan sebagai berikut :

a.Sekretariat DPRD merupakan unsur pelayanan terhadap DPRD dalam menyelenggarakan hak kewajiban serta wewenangnya.
b.Sekretariat Dewan dipimpin oleh Sekretaris DPRD yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Pimpinan DPRD dan secara administratif bertanggung jawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah.
Sekrertariat DPRD terbentuk pada Tahun 2002, dengan Sekretaris DPRD yang pertama yaitu H.A.Rehan Dhani.S.Sos dan dipimpin oleh Ketua DPRD yang pertama yaitu H.Suharindi.Sj.S.Pd,MM.

VISI

TERWUJUDNYA PELAYANAN PRIMA DALAMMEMBANTU PENYELENGGARAAN TUGAS-TUGAS DAN WEWENANG DPRD KOTA PAGAR ALAM”.


MISI

Agar visi tersebut dapat diwujudkan, perlu adanya penjabaran Visi yang dirumuskan dalam Misi yang menggambarkantugas pokok dan fungsi Sekretaris DPRD Kota Pagar Alam. Adapun Misi yang akan dicapai adalah :
1. Menegakan kedisiplinan dan kepercayaan diri pegawai Sekretariat DPRD;
2. Terpeliharanya sarana dan prasarana penunjang kegiatan DPRD;
3. Meningkatkan pelayanan administrasi untuk kebutuhan penunjang kegiatan anggota DPRD sesuai dengan saran yang tersedia;
4. Mendorong upaya pemberdayaan dan peningkatan kwalitas sumber daya manusia (SDM), personal Sekretariat DPRD.

TUGAS

Tugas Sekretariat DPRD Kota Pagar Alam mempunyai tugas menyelenggarakan administrasi kesekretariatan dan keuangan, mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD, serta menyediakan dan mengkoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD dalam melaksanakan hak dan fungsinya sesuai dengan kebutuhan.


FUNGSI

Untuk melaksanakan tugasnya Sekretariat Dewan mempunyai fungsi sebagai berikut :
1. Penyelenggaraan Administrasi Kesekreatriatan DPRD ;
2.  Penyelenggaraan Administrasi Keuangan DPRD ;
3.  Fasilitasi Penyelenggaraan rapat DPRD; dan
4. Penyediaan dan Pengkoordinasian tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD.

# download #